KElas 4 D

 SILAHKAN ANDA DISKUSIKAN MATERI YANG DIBAHAS HARI INI 

Komentar

  1. Silhkan Anda Diskusikan "Apa yang anda pahami tentang Seni"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran.

      Hapus
    2. menurut saya seni adalah suatu hasil pemikiran seseorang yang dituangkan melalui suatu karya, seperti lukisan, nyanyian, tarian, dll. dimana, karya tersebut memiliki unsur estetika dan memiliki makna tersendiri bagi pencipta karya seni. dan si pencipta kara seni tersebut berusaha membuat agar pesan yang disampaikan dalam karyanya dapat dipahami oleh orang.

      Hapus
    3. Seni menurut saya adalah ekspresi atau ungkapan jiwa seseorang yang memiliki estetika atau keindahan serta berfungsi untuk menghibur

      Hapus
    4. Seni merupakan suatu pengekspresia seseorang terhadap apa yang dirasakan dengan mengahasilkan karya yang dapat mempengaruhi perasaa orang lain dengan makna maupu nilai keindahannya. Menurut saya seni memang tidak harus indah namun dalam penciptaan karya seni haruslah di usahakan mengandung minimal sedikit nilai estetik. Meskipun standar nilai estetik dari masing masing orang itu berbeda beda.Karena selain untuk mengekspresikan perasaan seniman itu sendiri seni juga bisa digunakan untuk mempengaruhi perasaan orang lain untuk suka dan tertarik terhadap suatu karya seni.

      Hapus
    5. Seni adalah keahlian atau skill seseorang dalam menciptakan suatu hal yang bermutu. Seni dapat dinikmati melalui makna yang terkandung di dalamnya dannjuga keindahannya.

      Hapus
    6. Menurut saya, seni adalah suatu karya yang mengandung arti di dalamnya dan dihasilkan oleh seseorang sebagai bentuk ungkapan ekspresi maupun ide-ide yang dimilikinya.

      Hapus
    7. Seni adalah sebuah karya manusia yang dibuat berdasarkan ide gagasan sehingga memiliki nilai estetik dan mampu mempengaruhi perasaan orang lain. Seni memiliki banyak jenis diantarannya seni tari, seni rupa, seni lukis, dan lain sebagainya dengan fungsi serta tujuan yang berbeda-beda.

      Hapus
  2. Yang dimaksud dengan seni adalah kemampuan atau skill yang dimiliki oleh manusia untuk menghasilkan suatu karya yang bersifat indah, bagus, unik maupun lainnya dimana manusia atau seseorang tersebut mengekspresikan dirinya dalam mrnghasilkan suatu karya

    BalasHapus
  3. Seni adalah sebuah karya yang memiliki ide gagasan dan bermutu dan seni ini juga karya yang diciptakan dengan keahlian dan perasaan yang luar biasa

    BalasHapus
  4. Dari KBBI: Pengertian seni adalah kesanggupan akal manusia dalam menciptakan sesuatu dengan nilai yang tinggi. Seni juga diartikan sebagai sebuah keahlian dalam membuat karya bermutu indah, halus dan semacamnya.

    BalasHapus
  5. Seni adalah keahlian dalam membuat karya yang bermutu dengan karya yang dibuat dapat menyenangkan bagi orang lain. Selain itu seni juga dapat dijadikan sebagai hiburan untuk manusia yang menimbulkan efek psikologis.

    BalasHapus
  6. Hulwatul Faizati(E1E019147)
    Seni merupakan kemampuan dalam menciptakan sesuatu yang memiliki nilai estetika. Dalam pembuatan seni seniman dapat mengekspresikan perasaan yang ingin disampaikan dalam bentuk karya seni. Sebuah karya seni memiliki makna tersendiri tergantung dari sudut pandang orang yang melihatnya.

    BalasHapus
  7. Seni adalah suatu skill yang dimiliki seseorang yang murni
    berasal dalam jiwanya yang di tuangkan dalam suatu karya seni, seperti lukisan, tari, membuat patung dan lain sebagainya. Dan menurut saya seni itu harus indah karena seni itu mahal jarang ada org yang bisa mengekspresikan perasaan nya lewat sebuah karya. Seni itu yg dirasakan dalam diri seseorang yang mereka tuangkan dalam suatu ide atau karya.

    BalasHapus
  8. Seni adalah sebuah hasil penciptaan manusia yang memiliki nilai estetika atau keindahan dan di mana keindahan ini orang yang melihat seni ini merasa senang dan dapat terhibur sehingga dari nilai ke indahan ini tak jarang sang pencipta seni sering mengekspresikan perasaannya terhadap keindahan yang di buat.

    BalasHapus
  9. Menurut saya seni merupakan suatu karya yang di ciptakan oleh seseorang dengan menggambarkan perasaan yang dialaminya, misalnya ketika perasaan sedang sedih, gembira, dan marah dengan begitulahbegitulah bisa mendapat inspirasi yang luar biasa sehingga terbentuklah sebuah seni atau karya seni.

    BalasHapus
  10. Seni menurut saya tidak harus indah, karena keindahan menurut orang berbeda-beda tergantung sudut pandang dari orang yang melihat. Walaupun seni hanya berupa coretan atau goresan, tetapi didalam seni itu terdapat makna yang ingin disampaikan oleh seorang seniman atau seorang creator.

    BalasHapus
  11. Seni adalah suatu ide gagasan, skill atau imajinasi seseorang yang dituangkan dalam wadah sehingga memiliki nilai estetik, seperti seni tari, ukiran, lukisan, dll

    BalasHapus
  12. seni adalah suatu ekspresi manusia yang didalamnya terdapat unsur keindahan dan diungkapkan melalui suatu media yang bersifat nyata, baik itu dalam bentuk nada, gerak, rupa, dan syair.

    BalasHapus
  13. Menurut saya seni adalah suatu ide dan gagasan seseorang yang diekpresikan atau dituangkan dalam bentuk karya yang memiliki makna untuk disampaikan kepada orang lain

    BalasHapus
  14. Seni adalah suatu karya yang di buat oleh manusia tanpa adanya dorongan kebutuhan dan memiliki keindahan didalamnya,Seni memiliki peran yang lumayan banyak berpengaruh bagi manusia. Seni menjadi bagian dari kehidupan kita dan juga sebagai tmpt pengeskpresian diri

    BalasHapus
  15. menurut saya seni adalah membuat sebuah karya yang di ciptakaan oleh seseorang dapat dirasakan keindahannya melalui penglihatan dan perasaaan yang timbul dari dalam diri seseorang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar setiap orang memiliki pandangan yang berbeda namun pada kenyataannya keindahan dapat memengaruhi perasaan seseorang seperti yang saya contohkan di atas ketika perasaan sedih atau galau kemudian melihat seni yang indah tentu orang yang tadinya galau dan sedih ini akan merasa terhibur dengan keindahan yang di lihat

      Hapus
  16. Memang benar setiap orang memiliki pandangan yang berbeda namun pada kenyataannya keindahan dapat memengaruhi perasaan seseorang seperti yang saya contohkan di atas ketika perasaan sedih atau galau kemudian melihat seni yang indah tentu orang yang tadinya galau dan sedih ini akan merasa terhibur dengan keindahan yang di lihat

    BalasHapus
  17. Seni adalah Sebuah karya yang dibuat oleh seseorang sesuai dengan ide gagasan mereka sehingga karya tersebut bisa memiliki nilai yg estetik

    BalasHapus
  18. Husnul Hotimah (E1E019148)
    Menurut saya seni adalah suatu keindahan yang dapat dirasakan oleh indera, dan diekspresikan melalui sebuah karya yang unik dan memiliki makna tersendiri dari penciptanya

    BalasHapus
  19. Seni adalah kegiatan manusia yang merefleksikan pengalaman batin secara kreatif ke dalam suatu karya yang dapat membangkitkan pengalaman batin tertentu bagi penerimanya, biasanya dipengaruhi oleh subjektivitas yang tinggi dan dibuat dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip estetis dan artistik.
    Seni itu harus indah karena, keindahan dalam suatu seni dapat di nilai dari warna, bentuk, makna dll. Cara setiap orang menilai suatu seni berbeda-beda, dan keindahan terletak pada apa yang dilihat

    BalasHapus
  20. Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan dirinya sendiri maupun orang lain.

    BalasHapus
  21. Ida Royani (E1E019150)
    Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu, seperti tari, lukisan, ukiran. Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya.

    BalasHapus
  22. Menurut saya seni adalah sebuah karya manusia yang dibuat berdasarkan ide gagasan sehingga memiliki nilai estetik dan mampu mempengaruhi perasaan orang lain. Seni memiliki banyak jenis diantarannya seni tari, seni rupa, seni lukis, dan lain sebagainya dengan fungsi serta tujuan yang berbeda-beda.

    BalasHapus
  23. Menurut saya seni merupakan suatu karya yang dibuat oleh manusia yang untuk mengekspresikan dirinya sendiri dan juga bisa bernilai serta bermakna bagi sang pembuat karya ataupun yang melihatnya.

    BalasHapus
  24. Seni adalah suatu kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya.

    BalasHapus
  25. Menurut saya seni merupakan karya cipta yang diciptakan oleh manusia berdasarkan ide dan gagasannya kemudian dituangkan dalam bentuk karya yang memiliki nilai estetika atau nilai keindahan sehingga dengan nilai estetika atau keindahan tersebut akan mempengaruhi perasaan orang yang melihat seni itu. Dan jika dikaitkan antara seni dengan keindahan tentunya merujuk pada pengertian seni diatas yaitu seni yang mengandung nilai keindahan jadi bisa ditarik kesimpulan seni itu indah akan tetapi indah itu belum tentu seni.
    Ditanyakan apakah seni itu harus indah?
    Menurut saya seni itu indah bukan seni namanya kalau tidak indah tetapi kembali lagi pada sudut pandang yang seorang penikmati seni itu pasti berbeda beda sehingga ada yang mengatakan bahwa "seni itu harus indah" ataukah "seni tidak harus indah".

    BalasHapus
  26. Secara umum SENI bisa diartikan sebagai segala sesuatu hal yang diciptakan oleh manusia yang memiliki nilai estetika atau nilai keindahan yang disebutkan akan memunculkan perasaan senang atau puas pada diri seseorang baik itu pembuatnya ataupun penikmat dari karya seni tersebut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengatakan dipengertiannya seni itu memilki nilai yg indah tetapi seni itu tidak harus indah, semoga anda paham yaa dibaca ulang apa yg saya tulis

      Hapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  28. Merujuk pada pertanyaan apakah seni itu harus indah, dari defisini secara umum dapat kita simpulkan bahwa seni itu indah, tetapi tidak semua seni harus indah, beberapa seni tidak memiliki nilai keindahan seperti contohnya seni tari disebut seni yg bagus dan bukan seni yg indah, seni yg indah tergantung bagaimana orang kain memahami makna dibalik seni yg dibuat, apabila mereka tidak mengetahui maknanya maka mereka tidak akan pernah melihat apakah semi itu indah atau tidak. Seni itu tidak harus indah karena seni itu sangat banyak misalnya ada seni tari ataupun lukisan yg biersifat abstrak yang dimana bagi orang yang tidak mengerti maknanya tidak skan menganggap seni itu indah oleh sebab itu seni itu tidaj harus indah.

    BalasHapus
  29. Saya izin bertanya terkait materi hari ini...

    Seperti yang sudah kita ketahui banyak guru yang memaksakan kehendak terhadap murid nya seperti misalnya murid di suruh gambar ini padahal muridnya tidak mau pertanyaan saya apakah ketika anak di paksa dalam menggambar sesuatu yang tidak di sukai akan berpengaruh terhadap hasil dan tingkat kreativitas yang di milikinya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, ketika anak dipaksa menggambar sesuatu yang bukan kehendaknya tentu akan mempengaruhi hasil dan tingkat kreatifitas sang anak. Karena anak akan menggambar sesuatu yang diperintahkan dengan setengah hati. Jangankan anak-anak kita saja jika dipaksa melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan maka kita akan melakukannya dengan setengah hati.

      Hapus
    2. Sangat berpengaruh terhadap hasil dan kreativitas anak tersebut karena ketika anak dipaksa untuk melakukan suatu hal yang mereka tidak sukai maka apapun yang akan keluar tidak sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan.

      Hapus
    3. Saya izin menjawab. Seperti yang tdi sudah dijelaskan pak dosen. Kita sebagai guru hendaknya mengetahui periodisasi perkembangan seni rupa anak. Karena dengan memahami hal tersebut maka tidak akan ada lagi guru yg memaksa muridnya untuk gambar ini gambar itu sesuai yg dimau sama guru itu. Sebagai guru yang bijak tentunya akan memahami bahwa anak anak memiliki tahap perkembangan seni rupa, jadi guru akan memberikan tugas menggambar seni rupa yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Jangan anak SD kita suruh gambar bentuk bentuk yang realistis, tentu ia belum mampu untuk sampai kesana.Tetapi apabila guru itu memaksa murid untuk menggambar sesuatu yg tidak disukai, maka si anak akan merasa tertekan tidak bisa menyalurkan kreativitasnya dengan maksimal. Karena dipaksa melakukan sesuatu yg tidak disukai, kita pun kalau dipaksa juga tidak senang dan merasa tertekan. Begitu juga dengan si anak tadi.

      Hapus
    4. Menurut saya ketika anak dipaksa untuk menggambar maka akan mempengaruhi hasilny karena pada saat anak Dipaksa menggambar akan tertekan dan tidak serius dalam melakukannya sehingga hasil yang dibuat tidak bagus

      Hapus
    5. Menurut saya, iya tentu sangat berpengaruh pada hasil dan tingkat kreativitas anak, karena memang sesuatu hal yang dilakukan secara terpaksa tentu hasilnya akan tidak baik, apalagi bagi siswa SD yang memang bukan keinginannya untuk menggambar,, alangkah baiknya memberi tau dengan sabar dan tidak memaksakan kehendaknya.

      Hapus
    6. Gina Anggraini(E1E019130)
      izin menambah sedikti dari pertanyaan haerul ismi,Seperti kita tau setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda baik dari segi seni dan kreatifitasnya.Sebagi guru harus mampu memberi suatu tugas dengan sesuai kemampuanya siswanya, jika siswa di paksaa kan membuat gambar yang tidak sesuai dengan kemampuan mereka maka siswa akan mengerjakan hal tersebut dengan setengah hati, alasannya karena guru memebrikan suatu tugas yang sulit bagi mereka maka dari itu guru harus mampu memberikan suatu tugas sesuai dengan tahap dan perkembangan siswa, misalkan dari gambaran sangat mudah hingga lumayan sulit,kita sebagai guru harus menghargai hasip kerja siswa dengan cara memberikan pujian apresiasi dan sebagainya agar kreatifitas siswa dalam mengerjakan sesuatu itu dengan sepenuh hati.

      Hapus
    7. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin menjawab. Ketika guru menyuruh siswa menggambar yang ia tidak sukai, tentu akan sangat berpengaruh, karena ia dipaksakan untuk menggambarkan apa yang tidak ia sukai, seperti yang kita tahu apapun yang kita tidak suka atau tidak ada niat, ketika kita kerjakan secara terpaksa pasti hasilnya tidak akan maksimal

      Hapus
    8. Tentu saja akan mengganggu tingkat kreativitasnya. Anak tidak akan bisa berimajinasi sesuai dengan keinginan hatinya dalam menggambar. Tetapi mungkin anda salah paham terkait guru yang memaksa siswa untuk menggambar sesuatu. Mungkin gurunya itu menyusuruh siswanya untuk menggambar bunga. Maka guru itu membebaskan siswanya untuk menggambar bunga apa saja. Makanya hasil gambar setiap siswa itu pasti berbeda beda karena bentuk bunga yg mereka gambar sesuai dengan imajinasi atau keinginan mereka ketika menggambar. Intinya jika guru menyusurhg siswa untuk memnggambar maka guru berhak untuk menyuruh mrnggambar inj tetapi bentuk bunga nya terserah ssiwa misalnya siswa A gambar bunga matahari soswa B gambar bunga mawar maka si anak tidak akan mereka dipaksa

      Hapus
    9. Sy indar egi Priyatni izin menjawab pertanyaan dari Haerul ismi, menurut saya ketika anak disuruh menggambar sesuatu yang tidak di sukai tentu akan sangat berpengaruh terhadap hasil dan tingkat kreativitas yang di miliki anak tersebut, knp begitu? Karena balik lagi ke mood si anak itu jika mood dia kurang baik karena perlakuan yang menurut nya pemaksaan dan pemaksaan itu akan membuat anak menjadi tidak nyaman, oleh sebab itu jelas akan berpengaruh terhadap hasil dan kreativitas anak tersebut, jika mau hasil yang baik maka guru atau orang tua tidak memaksakan kehendak mereka terhadap anak, anak harusnya didukung dan diberi dorongan atas apa yang ingin dia lakukan selagi masih bisa diawasi oleh orang tua maupun guru. Kurang lebih nya seperti itu, Trimakasi

      Hapus
  30. Assalamualaikum temen2 izin bertanya tadi kita sudah membahas periode2 tentang perkembangan anak dalam seni rupa yang sy ingin tanyakan adalah apakah anak yang memiliki bakat dalam melukis misalnya seandainya dites melalui tahap2 perkembangannya apakah ada perbedaan coretan yang dihasilkan atau berbeda dengan anak2 yang lain seperti gambar2 coretan yang telah dijelaskan tadi? Sekian terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya jika anak tersebut memiliki bakat yang kuar biasa dalam dunia melukis otomatis hasil lukisan atau gambarnya akan lebih bagus dan sempurna dibandingkan dengan anak seumuran lainnya. Dan juga kemampuannya dalam melukis bisa jadi setara dengan hasil lukisan orang dewasa karena si anak tersebut memang sudah memiliki bakat dalam dunia melukis

      Hapus
    2. Izin menjawab. Seperti yang dijelaskan tdi oleh pak dosen bahwa dalam setiap tahap perkembangan seni rupa anak hasil coretannya berbeda dalam setiap perkembangan. Nah yang jadi pertanyaan hizza adalah jika anak tersebut berbakat dalam melukis dan seandainya ada tes untuk mengujinya, maka menurut saya akan ada perbedaan. Ini menurut saya ya. Soalnya saya belum melakukan tes juga. anak yg berbakat dalam melukis akan menunjukkan hasil coretan yang berbeda dengan anak2 pada umumnya. Maksudnya disini bukan anak2 yg umum itu todak bisa gambar, tetapi lebih ke hasil coretan anak yg berbakat melukis tadi itu di atas rata-rata anak anak pada umumnya. Contoh: semasa SD saya disuruh guru menggambar pemandangan, nah hampir semua hasil gambaran kami ya.. Seperti gambaran anak2 pada umunya lah ya. Tetapi saya punya 1 teman dia memang kreatif dan berbakat di bidang melukis, jadi gambaran dia yang paling bagus dan keren dibanding gambaran teman saya yang lain. Cara dia melukis sampai mewarnai itu seperti lukisan orang dewasa padahal dia masih sd.

      Hapus
    3. Iya Ning terimakasih responnya...
      Tapi yang sy ingin tau misalnya anak yang berusia 2-7 tahun misalnya yang masih mencoret2 dulu nah apakah dari hasil coretannya kita bisa melihat perbedaan anak yang memiliki bakat melukis atau tidak itu maksud sy hehe menurutnya gimana?

      Kalau masalah anak yang memiliki bakat melukis jelas memng berbeda dia dibanding anak yang tidak mempunyai bakat dibidang melukis😊

      Hapus
    4. Iya hizza bisa kita liat dari hasil gambarnya. Misalnya nissa sering liat anak usia 2 tahun masih gambar yang tidak jelas dan cuma coret2 kemudian nisa jumpai anak usia yang sama sudah bisa menggambar dengan yang lebih bagus bahkan hasilnya sama kayak anak yang usia 10 tahun misalnya berarti disitu bisa kita tau kalau anak itu punya bakat dalam menggambar atau melukis

      Hapus
    5. Nggih baik Terimakasih Herawati sama Ningsih atas jawabannya bisa disimpulkan jelas ada perbedaannya ya anak yang memiliki bakat melukis sama anak yang pada umumnya dan itu bisa dilihat pada hasil coretannya yang berbeda dengan anak pada umumnya😊makasih guys saya udh paham

      Hapus
  31. Mohon izin untuk bertanya.

    Bagaimanakah seharusnya sikap orang tua dan guru bilamana menemukan anak/peserta didik mencoret-coret dinding tembok? Apakah harus dibiarkan atau tidak mohon disertai dengan alasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, jika ada anak yang mencoret-coret dinding sebaiknya anak diberitau untuk tidak mencoret-coret dinding sebagai gantinya orang tua atau guru menyediakan tempat untuk anak agar bisa mengekspresikan diri seperti kertas atau buku gambar. Kita ajarkan kepada anak jika ingin menggambar sesuatu sebaiknya jangan ditembok.

      Hapus
    2. Izin menjawab.
      Menurut saya anak yang mencoret tembok tentu jangan kita biarkan begitu saja. Kita harus menasehati anak tersebut kalau mencoret tembok itu tidak baik, nanti kotor. Dengan cara yang halus, tidak menyakiti perasaannya. Atau bisa kita kasih selembar kertas untuk ia mencoret disana.

      Hapus
    3. Izin menjawab.
      Saya sependapat dengan ginanda azahra va arni karena mencoret-coret tembok bukanlah hal yang baik, nah dengan mananggulangi itu orang tua/ guru menyediakan alat2 menggambar seperti buku gambar, kertas-kertas sehingga disana anak sesuka hatinya meluangkan ide2nya

      Hapus
    4. Baik terimakasih atas jawabannya.
      Tetapi pada kontekstual nya anak lebih cenderung untuk mencorat-coret ditembok, dan ada sebuah anggapan bahwa biarkan anak tersebut melakukan hal demikian (mencorat-coret ditembok) karena ini akan berpengaruh terhadap kemampuan seninya dan tembok tersebut bisa di chat ulang tetapi kemampuan anak tak bisa buat ulang.

      Hapus
    5. Haeriyatul Mona (E1E019132)

      Izin menjawab pertanyaan dari Firman Jundi, yaitu bagaimana sikap orng tua dan guru bilamana menemukan anak atau peserta didik mencoret di dinding atau tembok, apakah harus dibiarkan atau tidak? Menurut saya yaitu sebagai orang tua kita harus menyadari apa yang dilakukan anak itu adalah bagian dari kreativitasnya atau ekspresi dari daya eksploratifnya. Oleh karena itu janganlah kita banyak melarang, orang tua juga harus memahami semakin banyak larangan yang kita berikan, maka anak trsbt bisa menjadi kurang kreatif, kurang inisiatif, lebih sering takut atau malu. Sehingga, menjadi tidak memiliki rasa percaya diri.

      Hapus
    6. Saya izin menambahkan.
      Jika anak-anak senang mencoret ditembok tetapi kita ketahui bahwa hal tersebut kurang baik dilakukan mengingat bila tembok dicorwt maka akan terlihat kotor. Akan tetapi jika dilarang akan mengganggu perkembangan kreativitas anak. Jadi disini menurut saya solusinya adalah dengan menyediakan tembok khusus untuk anak coret2 yang anti noda. Zaman sekarang sudah banyak cat tembok yang anti noda dan dapat dibersihkan dengan air. Jadi hal tersebut akan memudahkan mengembangkan imajinasi anak2

      Hapus
    7. Jika anak terus mencoret-coret di tembok sebaiknya cat ditembok diganti. Sekarang sudah ada cat dinding yang bisa dibersihkan hanyak dengan mengelapnya jika terdapat coretan. Orang tua bisa mengganti cat temboknya untuk mengatasi permasalahan tembok kotor

      Hapus
    8. Menurut saya sesuatu yang bisa mengotori rumah jangan dibiarkan kecuali tembok yabg sudah dicoret coret itu bisa dihapus kembali itu boleh2 saja. Tetapi agar orang tua tidak mengganggu kreativitas anak tersebut dalam menggambar orang tua bisa menyediakan wadah untuk menampung krrativitas anak nya. Misalnya orang tua membelikan buku gambar, pensil pewarna ataupun lainnya sehingga anak tidak perlu mencoret tembok lagi

      Hapus
    9. Gina Anggraini(E1E019130)
      izin menjawab pertanyaan jundi, saya sependapat dengan teman teman, Seperti kita ketahui anak mencoret coret tembok untuk mengungkapkan kreatifitas dan kreasinya. Sebagai orang tua dan guru yang perlu dilakuakn agar anak tidak mencoret di tembok lagi dapat dilakukan dengan cara,Memberikan ketas dan buku gambar sebagai tempat untuk mencoret-coret dengan menggunakan alat yang mudah di hapus dan tidak berbahaya bagi anak dan harus dengan pegawasan orang tua,kemudia orang tua juga dapat menyediakan papan tulis khusus untuk menyalurkan kreatifitas anak misalkan orang tua menyuru anak mencoret di papa tulis tersebut dan tidak di tembok.oleh sebab itu anak dapat dengan nyaman berkreasi.

      Hapus
    10. Oleh karena itu berarti dalam hal ini anak tidak melakukan hal yang kurang benar karena mereka ingin mengekspresikan diri mereka melalui coretan di dinding. Lantas bagaimana untuk orang tua yang terlalu mempermasalahkan coretan anak dinding sampai memarahi anaknya?

      Hapus
    11. Izin menjawab sanggahan dari firman jundi
      Kan disini orang tua/ guru tidak melarang anak tersebut untuk menggambar hanya saja medianya diganti bukannya ditembok/dinding rumah sehinggah anak tersebut masih bisa mengekspresikan ide2 mereka. Nah kalaupun anak masih menggambar ditembok orang tua/ guru harus kreatif dalam menanggapin hal tersbt. Misalnya ada kertas bufalo na kertas bufalo tersebut ditempel di tembok, nah anak tersebut bisa manggambar sesuka hatinya dikertas tersebut dengan cara seperti itu anak akan terbiasa menggambar dikertas. Kita juga harus mengajarkan kebersihan dan kedisiplinan pada anak.

      Hapus
    12. Sebelumnya untuk saudari fitri ramadhan disini saya tidak menyanggah pernyataan atau pendapat dari teman2. Saya bertanya tentang orang tua yang terlalu mempermasalahkan coretan anak di dinding bahkan sampai memarahi anaknya?

      Hapus
  32. Saya izin bertanya. Telah dijelaskan bahwa anak tidak boleh dipaksa dalam menggambar. Apakah hal ini berlaku terhadap anak yang tidak memenuhi tahap perkembangan tersebut? Misalnya anak yang berusia 11 tahun yang seharusnya berada pada masa represi tetapi gambarannya masih pada masa realisme visual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya tiap anak itu memiliki kemampuannya masing2. Ada yang masih kecil gambarnya setara selerti hasil gambar orang dewasa ataupun sebaliknya. Seperti contohnya kita, kita dikelas mungkin yang pintear melukis ataupun menggambar tidak terlalu banyak tetapi hal tersebut anak harus dipaksakan menggambar. Anak tidak boleh dipaksa untuk menggambar. Biarkan mereka menggambar sesuai dengan keinginanan hati dan imajinasi mereka sendiri. Nah untuk seseorang yang sudah berumur 11 tahun tetapi masih gambarnya masih dalam tahap realisme visual itu bisa jadi anak tersebut jarang mencoba atau melatih untuk menggambar mungkin menggambar bukanlah hobinya. Tetapi jika kita sering berlatih untuk menggambar terkadang kemampuam atau bakat kita akan cepat muncul. Hanya perlu mengasah saja.

      Hapus
    2. Menurut saya, hal tersebut berlaku untuk semua anak. Mungkin sang anak kurang memiliki minat dalam bidang seni sehingga hasil gambarnya tidak sesuai dengan tahap perkembangannya. Guru dan orang tua perlu meningkatkan minat anak dalam bidang seni agar sang anak dapat memenuhi tahap perkembangannya.

      Hapus
    3. Menurut saya setiap anak memiliki tingkat kemampuan masing-masing ada sering kita temukan ada anak yang cepat sekali dalam menangkap pelajaran ada juga anak yang sedikit lambat dalam memahami pelajaran dan sudah seharusnya sebagai seorang guru harus memahami tingkat kemampuan siswanya adapun terkait anak yang berusia 11 tahun seharusnya berada pada masa represi tetapi gambarannya masih pada masa realisme visual merupakan tugas guru dalam memperhatikan muridnya supaya setara kemampuannya dengan murid yang lain.

      Hapus
    4. Izin menjawab. Kalau menurut saya memaksa anak untuk menggambar, karena ia tidak memenuhi tahap perkembangan yang seharusnya itu tidak baik.
      Periodisasi perkembangan seni rupa pada anak perlu kita pelajari untuk memahami bahwa anak itu memiliki coretan yg berbeda berdasarkan usianya. Kemudian yg jadi persoalan adalah apabila anak itu tidak memenuhi perkembangan semestinya, contohnya pada usia 11 tahun seharusnya berada pada masa represi tetapi gambarannya masih pada masa realisme. Maka menurut saya adalah tidak dengan memaksa anak menuju ke tahap represi, tetapi bimbing anak2 itu dengan perlahan. Jangan kita sebagai guru kelak, karena tau usia 11 tahun berdasarkan teori sudah memasuki masa represi, kemudian kita beri tugas menggambar berdasarkan itu tdi, lalu anak didik kita tidak mampu. Dalam artian ia masih di masa realisme visual, maka jangan paksa si anak itu untuk bisa ke tahap represi. Tetapi bimbing ia perlahan supaya berkembang dengan maksimal.

      Hapus
    5. Tugas guru adalah mengajar dan mendidik agar peserta didik mampu mencapai kemampuan2 yang diharapakan. Oleh sebab itu guru perlu mengetahui cara mengajar dan mendidik yang baik dan benar. Kita semua tau bahwa memaksa anak-anak dinilai kurang efektif untuk mengajarkan sesuatu karena dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti merasa tertekan, menjadi memberontak ataupun trauma. Jadi cara yang dapat dilakukan adalah membimbing pelan-pelan anak tersebut agar perkembangan seninya dapat berkembang sesuai usia. Cara lainnya yaitu dengan menambah kuantitas waktu bimbingan yang diberikan dan sering memberikan anak latihan.

      Hapus
    6. Baiklah, terimkasih atas jawabannya teman-teman 🙏🙏

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini